Home » » Download Tuntunan Adabul Mar'Ah Pp Aisyiyah (Book Edition)

Download Tuntunan Adabul Mar'Ah Pp Aisyiyah (Book Edition)

Written By MUHAMMADIYAH BONE on Rabu, 14 September 2011 | 18.10

Wanita adalah jenis makhluk dari manusia yang susunan tubuhnya agak berlainan dengan susunan dan bentuk tubuk laki-laki. Ia lebih halus kulitnya dan lebih halus pula perasaannya dan lebih lunak sendi tulangnya. Dijadikan oleh Allah s. w. t sejak dari asal mula kejadiannya di dunia ini untuk pasangan bagi laki-laki dalam proses menyempurnakan sunnah dan peraturan-Nya, yakni mengadakan keturunan guna kelangsungan manusia sampai waktu yang telah ditentukan. Laki-laki tidak akan merasa tenang dan tentram hidupnya dimuka bumi ini tanpa wanita dan begitu pula sebaliknya, karena memang dari asal kejadiannya telah diberi sifat dan tabiat yang demikian

Tuhan Allah telah menjadikan wanita agar berlainan bentuk dan susunan tubuhnya dan berlainan pula kekuatannya, memang untuk menunjukkan perbedaan yang mana laki-laki dan mana perempuan, mana yang putra dan mana yang putri. Perbedaan ini tentu mengandung hikmah dan kepentingan yang orang tidak akan membantahnya. Yakni dengan perbedaan itu merasa dapat saling cinta-mencintai, sayang menyayangi, saling mengambil faedah satu kepada dan dari yang lain. Saling dapat bahu membahu di dalam melakukan tugas memakmurkan dunia sebagai khalifah Allah di muka bumi ini.

Firman Allah dalam Al Qur'an Surat Al Hujurat ayat 13
 “Wahai sekalian manusia sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu sekalian daripada laki-laki dan perempuan dan Kami jadikan bangsa bangsa dan bersuku-suku agar dapat kenal-mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kamu sekalian di sisi Allah ialah yang paling taqwa.”

Islam memberikan hak yang sama kepada laki-laki dan perempuan, yang artinya masing-masing itu memiliki hak dan mempunyai kewajiban, walaupun di dalam sementara hal ada perbedaannya disebabkan perbedaan jenisnya.

Firman Allah dalah Surat An Nahl ayat 97

“Barangsiapa yang berbuat kebaikan baik laki-laki maupun perempuan sedang ia itu mukmin, maka akan Kami beri kehidupan dengan kehidupan yang baik.”

Untuk mengetahui hak dan kewajiban bagi wanita dan mengetahui pula didalam hal mana adanya perbedaan antara pria dan wanita yang menyangkut hak dan kewajiban, juga hal-hal yang menyangkut wanita maka berdasarkan amanat daripada Muktamar Tarjig di Garut tanggal 18 s/d 23 April 1976, kami sajikan naskah yang berjudul “ADABUL MAR'AH FIL ISLAM”untuk menjadi pedoman dan pegangan bagi segenap anggota dan keluarga Muhammadiyah khusunya, bagi kaum Muslimin pada umumnya juga bagi siapa saja yang ingin mengetahui seluk beluk wanita menurut pandangan agama Islam Naskah tersebut sebagai hasil daripada tulisan dan karangan yang telah lama dihimpun daripada beberapa pihak seperti P.P. Aisyiyah, perorangan, dari Tarjih Wilayah dan Pusat serta lain-lain yang setelah kami olah seperlunya lalu kami sajikan di dalam muktamar Tarjih di Garut dan di dalam Muktamar itu telah mendapat tanggapan, saran serta usul-usul dari para Muktamirin. Saran serta usul tersebut sedapat mungkin juga telah kami tampung dan kami masukkan dalam naskah ini, akan tetapi sebagai pepatah mengatakan ; “tiada gading yang tiada retak", naskah dan susunan ini tentu masih banyak kekurangan dan mungkin pula terdapat kesalahan maka dengan segala ketulusan hati kami harapkan adanya koreksi dan tegoran dari siapapun juga, demi kesempurnaan naskah ini untuk waktu-waktu yang akan datang Dan atas koreksi serta tegoran ini, kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih dan semoga naskah ini benar-benar bermamfaat adanya, Aamiin ya ARabbal'alamiin

Wassalam
PP Muhammadiyah Majlis Tarjih
Download Buku ini selengkapnya di sini
Share this article :

TULISAN TERPOPULER



 
Redaksi : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. MUHAMMADIYAH KABUPATEN BONE - All Rights Reserved